Konsep Kurikulum
Kurikulum
merupakan hal yang penting karena kurikulum bagian dari program pendidikan di
Indonesia. Kurikulum (etimologis) berasal dari bahasa Yunani yaitu carier yang artinya pelajari dan curare yang berarti tempat berpacu. Pada
zaman Romawi Kuno di Yunani istilah kurikulum mengandung arti suatu jarak yang
harus di tempuh oleh pelari dari garis start
sampai garis finish. Selanjutnya
pengertian kurikulum diterapkan juga dalam dunia pendidikan termasuk pendidikan
di Indonesia.
Saat ini, sedang hangat-hangatnya wacana tentang perubahan
kurikulum yang mengedepankan pembangunan karakter bangsa. Oleh karena itu,
kurikulum itu pun harus memiliki
karakter dan sekaligus dipusatkan bagi pembentukan karakter peserta didik.
Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai perubahan kurikulum itu, hendaknya
kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang konsep kurikulum.
Menurut R.Ibrahim (2005) Ada tiga konsep tentang kurikulum yaitu kurikulum sebagai substansi, sebagai sistem, dan sebagai bidang
studi. Kurikulum sebagai suatu substansi, yaitu rencana kegiatan belajar
bagi peserta didik di sekolah atau perangkat tujuan yang ingin dicapai. Dari
sisi lain, kurikulum dapat digambarkan sebagai dokumen tertulis yang berisi
rumusan tentang tujuan, bahan ajar, kegiatan belajar-mengajar, jadwal, dan
evaluasi dari hasil persetujuan bersama antara para penyusun kurikulum dan
pemegang kebijaksanaan pendidikan dengan masyarakat. Kurikulum sebagai suatu
sistem, yaitu sistem kurikulum merupakan bagian dari sistem persekolahan,
sistem pendidikan dan sistem masyarakat yang mencakup struktur personal, dan
prosedur kerja mengenai cara menyusun suatu kurikulum, melaksanakan,
mengevaluasi, dan menyempurnakannya. Hasil dari sistem kurikulum adalah
tersusunnya suatu kurikulum, sedangkan fungsinya untuk memelihara kurikulum
agar tetap dinamis. Kurikulum sebagai suatu bidang studi, yaitu bidang studi
kurikulum, dikaji oleh para ahli kurikulum, ahli pendidikan dan pengajaran dengan
mempelajari konsep-konsep dasar tentang kurikulum melalui studi kepustakaan dan
berbagai kegiatan penelitian atau percobaan. Hal-hal baru yang mereka temukan
dapat memperkaya dan memperkuat bidang studi kurikulum, sesuai dengan tujuan
kurikulum sebagai bidang studi itu sendiri adalah mengembangkan ilmu tentang
kurikulum dan sistem kurikulum.
Daftar Pustaka:
Tim Pengembangan MKDP.(2009).Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia (04 Februari 2013)
Sukasmo.(2012).KONSEP KURIKULUM.[online]. Tersedia: http://www.m-edukasi.web.id/2012/06/konsep-kurikulum.html (04 Februari 2013)
No comments:
Post a Comment